Dukungan Belum Cukup, IYL-Cakka Terancam Gugur Meski Daftar ke KPU

IYL-Cakka satu-satunya pasangan jalur independen.

MAKASSAR – LINTASSULSEL – Pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) melakukan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulsel, Rabu, 10 Januari. Punggawa Macakka-sebutan pasangan IYL-Cakka, berkukuh mendaftar meski dukungan KTP yang dihimpun belum cukup. Toh, KPUD Sulsel masih memberikan waktu untuk menggenapkan dukungan bagi kandidat jalur independen.

Pengamat politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Ahmad Yani, mengatakan secara aturan, IYL-Cakka tetap diperbolehkan mendaftar ke KPUD Sulsel, walaupun dukungan KTPnya kurang. Tapi, pasangan tersebut mesti menghadapi risiko berat. IYL-Cakka terancam gugur alias urung masuk ke arena Pilgub Sulsel 2018 apabila tidak kunjung mencukupkan dukungan hingga batas waktu yang ditetapkan.

“Pasangan IYL-Cakka tetap bisa mendaftar melalui jalur perseorangan dengan dukungan KTP yang dimiliki. Menurut aturan, KPU masih memberikan waktu untuk mengumpulkan KTP sampai batas waktu yang telah ditetapkan. Jika memang ternyata tidak mampu mengumpulkan dukungan minimal seperti persyaratan, maka IYL-Cakka akan gugur dengan sendirinya,” kata Ahmad Yani, Rabu, 10 Januari.

Berdasarkan hasil rapat pleno terkait rekapitulasi dukungan IYL-Cakka setelah melalui tahap verifikasi faktual, KPUD Sulsel menyatakan dukungannya masih kurang 3.390 KTP. Jumlah dukungan KTP Punggawa Cakka yang dianggap sah hanya 476.734 dari syarat minimal dukungan yakni 480.124 KTP. Kekurangan dukungan IYL-Cakka memaksa kandidat tersebut harus bekerja keras.

Menurut Ahmad Yani, berhasil atau tidaknya IYL-Cakka masuk ke arena Pilgub Sulsel 2018 sangat bergantung dari keras tim pasangan calon tersebut. Terlebih, sesuai aturan bahwa pada masa perbaikan, kekurangan dukungan yang harus dihimpun yakni minimal dua kali lipat dari jumlah kekurangan.

“Saya sendiri tidak bisa memberikan perkiraan apakah pasangan IYL-Cakka bisa memenuhi target atau tidak. Itu semua tergantung dari kerja keras tim pasangan ini di lapangan. Kita lihat saja nanti,” pungkas Ahmad Yani.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan