BBPP Batangkaluku Latih Puluhan Petani Praktek Perbenihan Kedelai di Maros

MAROS – LINTASSULSEL. Peserta Pelatihan Teknis Perbenihan Tanaman Kedelai Bagi Non Aparatur BBPP Batangkaluku, melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) 2 lokasi di Kabupaten Maros

Hari pertama dilaksanakan di Balai Pengawasan Dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kabupaten Maros, dan hari kedua dilaksanakan di Kelompok Tani Penangkar Benih Sipakatau Kecamatan Simbang, Desa Jenetaesa Maros. Senin (12/02/2018).

Kegiatan berlangsung selama 2 hari, 12 – 13 Februari 2018 dihadiri 30 orang peserta yang berasal dari 6 Provinsi Se Sulawasi Selatan.

Praktek Kerja Lapangan (PKL) diterima dan dibimbing langsung oleh Kepala UPT BPSBTPH Sul-Sel Nicodemus Kendek. Dalam bimbingannya menyampaikan bahwa salah satu upaya dalam pencapaian sasaran produksi tanaman pangan adalah melalui peningkatan produktivitas, diantaranya dengan penggunaan benih dengan varietas unggul bersertifikat.

“Penggunaan benih varietas unggul bersertifikat yang dibarengi dengan penerapan teknologi yang tepat, terlatih, terbukti memberikan konstribusi dalam peningkatan produktivitas tanaman pangan”, tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Rosdiana selaku Kepala Bidang Penyelengaraan Pelatihan BBPP Batangkaluku mengatakan tujuan PKL selain untuk implementasi hasil pembelajaran di kelas, peserta diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan mengenai perbenihan secara langsung di lapangan dan membekali peserta sebagai calon penangkar benih.

“Ke depannya mereka dipersiapkan untuk mengikuti ujian sertifikasi perbenihan oleh Lembaga Sertifikasi Pertanian (LSP)”, ujarnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan