Demi Dinasti, SYL Rela Khianati NasDem

Pengamat, Penundaan Musda Golkar adalah tantangan bagi Ichsan YL
Mantan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Andri)

Demi Dinasti, SYL Rela Khianati NasDem

MAKASSAR – LINTASSULSEL. Belum lama bergabung dengan NasDem, Syahrul Yasin Limpo atau SYL, sudah membuat keputusan kontra-produktif bagi partainya. Secara terbuka, ia memperlihatkan pengkhianatannya terhadap partai besutan Surya Paloh. SYL memilih mendukung adiknya sendiri, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) dibandingkan usungan NasDem yakni Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz).

Pengamat politik dari Universitas Bosowa, Arif Wicaksono, berpendapat manuver SYL yang mengikrarkan dukungan terhadap IYL-Cakka jelas bukanlah sikap politik NasDem. Sebagai partai yang modern dan senantiasa mengedepankan aturan, NasDem pastinya tidak akan lari dari komitmen awalnya yakni mendukung dan memenangkan NH-Aziz. Toh, kemenangan NH-Aziz bagi NasDem sudah jadi harga mati.

“Menurut saya, sikap SYL yang ditampakkan kemarin jelas bukanlah merupakan sikap NasDem,” ucap Arif, Selasa (10/4).

Kata Arif, bila SYL mengatasnamakan DPP atau mengikrarkan dukungan dalam kapasitasnya selaku pengurus NasDem pusat, maka itu merupakan langkah blunder. Tidak seharusnya pengurus DPP yang sejatinya menjadi teladan memperlihatkan ketidakpatuhan kepada partai. Sikap SYL ditengarai bisa merugikan koaliasi parpol pengusung NH-Aziz yang telah terbentuk.

“Kalau itu dilakukan sebagai pengurus DPP, maka itu adalah sebuah langkah blunder dan akan merugikan koalisi parpol yang sudah terbentuk,” terang Arif.

Terlepas dari itu semua, Arif menilai SYL memang mengalami dilema pada Pilgub Sulsel 2018. Di satu sisi, IYL-Cakka memiliki hubungan emosional dengan dirinya, terlebih IYL adalah adik kandungnya. Namun, di sisi lain, NH-Aziz merupakan usungan NasDem yang sejatinya harus dimenangkannya selaku kader yang taat asas.

Menurut Arif, Rusdi Masse atau RMS selaku Ketua DPW NasDem Sulsel merupakan figur yang patut ditanyakan soal manuver SYL. Termasuk ihwal pengaruh sikap politik SYL terhadap ketokohannya setelah menunjukkan sikap yang tidak taat asas pada keputusan partai.

“Inilah dilemanya bagi SYL. Karena faktanya, tentu melibatkan Ketua DPW Nasdem yakni Rusdi Masse yang juga Bupati Sidrap dan juga keluarga SYL. Jika diasumsikan SYL adalah figur yang tidak taat asas dan melawan keputusan partai, maka tentu bisa lebih jauh diklarifikasi kepada RMS,” pungkasnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan