Nobar Halo Makassar, NH: Lestarikan Budaya Lewat Film

NH Nobar Halo Makassar.

MAKASSAR – Calon Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Halid menikmati akhir pekan dengan menyaksikan film layar lebar ‘Halo Makassar’ di XXI Mall Ratu Indah, Minggu malam, 15 April 2018.

NH memilih bersantai dengan menyaksikan film karya anak Makassar itu, setelah sepekan terakhir disibukkan dengan agenda kampanye dialogis di wilayah Luwu Raya.

“Tentu kita sampaikan apresiasi kepada seluruh pemain, karena bisa menghadirkan sebuah hiburan yang sangat kreatif, sangat inovatif, menggambarkan situasi dengan kota Makassar dengan tidak meninggalkan dialek khas,” ucap Nurdin Halid menilai film Halo Makassar.

Menurut NH, film karya putra daerah patut untuk terus didukung. Khususnya film-film lokal yang mengutamakan pelestarian budaya, termasuk pengguna dialek khas Makassar.

“Ini kalau di tonton orang Jawa, orang Kalibata, menurut saya itu mereka akan lebih terhibur, karena dialeknya itu. Saya sendiri, orang sini tapi dengan dialeg yang ditampilkan itu, semakin membuka perasaan juga sekaligus sangat menghibur,” kata NH.

“Oleh karena itu, perkembangan perfilman nasional, yang turut dibuat oleh teman-teman, adek-adek, sahabat-sahabat dari Makassar seperti Halo Makassar ini, terus harus kita lanjutkan, karena cukup inovatif dan kreatifitasnya sangat tinggi dan yang paling penting bisa membuat kita dalam kelelahan bisa terhibur,” ujarnya menambahkan.

Jika menjadi Gubernur, NH telah menyiapkan program pembangunan SDM berbasis kearifan lokal. Khususnya dalam melestarikan budaya-budaya yang ada di Sulawesi Selatan dengan cara yang lebih inovatif dan kreatif.

“Budaya harus terus kita lestarikan,budaya harus kita kembangkan, film adalah bagian dari daripada cara sebuah budaya dilestarikan. Kembangkan lebih kreatif lagi, lebih inovatif lagi, sehingga kita bisa mengikuti perkembangan modern dengan tidak meninggalkan daripada budaya, adat istiadat orang Makassar,” tuturnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan