Begini Cara BBPP Batangkaluku Bantu Tingkatkan Produktifitas Kelapa di Selayar

50 orang petani kelapa mengkuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Komoditas Strategis Nasional di BP3K Bontosikuyu Kab. Kepulauan Selayar.

Pembangunan Pertanian umumnya diarahkan untuk peningkatan produktivitas hasil yang muaranya bertujuan untuk kesejahteraan petani selaku pelaku usaha dilapangan.

Hal ini bisa diwujudkan manakala komponen sumberdaya manusia siap dan mampu mengelola usahataninya secara profesional dengan dibarengi teknologi tepat guna.

Untuk itu BBPP Batangkaluku selaku institusi yang memiliki tugas pokok dan fungsi meningkatkan kompetensi SDM aparat dan petani diwilayah kerjanya yaitu 6 provinsi se-Sulawesi (Sulsel, Sulbar, Sulteng, Sultra, Sulut dan Gorontalo) secara masif menyelenggarakan kegiatan Bimtek.

Kali ini merupakan angkatan 144 dengan komoditas kelapa bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Selayar (04/5/2018).

Kepala Dinas yang diwakili Kabid. Perkebunan Syamsul Pane mengatakan bahwa kegiatan semacam ini sangat penting dan tepat sekali dilakukan di Selayar.

Lantaran baru-baru ini Selayar mendapatkan lisensi dari Kementerian Pertanian sebagai salah satu daerah sumber bibit unggul tanaman kelapa dalam di Indonesia.

Lebih lanjut dikatakan bahwa saat ini produktivitas petani kelapa di Selayar belum optimal, dicontohkan bahwa pendapatan pertahun petani kelapa baru berkisar antara 1,5 – 2 Juta rupiah per Ha, dengan asumsi populasi 143 pohon per Ha dan rata2 hasil buah kelapa per pohon 80 – 100 biji pertahun yang dipanen antara 3-4 kali setahun.

Hal ini dikemukakan sesaat sebelum membuka kegiatan Bimtek secara resmi mewakili Kepala Dinas yang juga dihadiri oleh Kepala Desa, Camat dan panitia dari BBPP Batangkaluku dan Penyuluh Pertanian BP3K Bontosikuyu selaku panitia lokal.

Sementara itu, Usman selaku ketua Pelaksana melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti 50 orang peserta perwakilan kelompok tani yg berasal dari 7 Desa yaitu Patikarya, Patilereng, Laiyolo Baru, Lowa, Binangasombaiya, Lantibongan dan Harapan yang akan berlangsung selama 2 hari yaitu dari tgl. 04 – 05 Mei 2018.

Dg. Pala selaku Ketua Kelompok tani Parakatte dari Desa Binangasombaiya mengungkapkan bahwa dirinya berterima kasih kepada BBPP Batangkaluku atas kepercayaan menyelenggarakan kegiatan pelatihan/bimtek semacam ini diSelayar, dimana baru pertama kalinya mendapatkan kesempatan mengikuti hal seperti ini.

“Harapan saya agar terus diperhatikan petani-petani yang berada di daerah terpencil seperti kepulauan Selayar ini pintanya. Fasilitator dan praktisi yang bertugas dikegiatan bimtek ini berasal dari penyuluh pertanian yg berpengalaman dan direkomendasi oleh Kepala Dinas setempat karena telah mengikuti pelatihan TOT dan Pelatihan Teknis sejenis,” pungkasnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan